Saturday, June 1, 2013

Daun Singkong dan Asam Urat


Daun Singkong Rebus
Memasak daun singkong dengan benar dapat mengurangi resiko asam urat. Menurut pemilik UKM ANITA, tips untuk mengurangi resiko asam urat adalah setelah perebusan, daun singkong diperas sampai benar-benar kering karena air rebusan itulah yang dapat memicu asam urat. Untuk alasan itulah UKM ANITA memproses dendeng daun singkong itu secara baik, sehingga resiko asam urat berkurang dan yang pasti tidak mengkonsumsi secara berlebihan itu jauh lebih baik.

Sudah tidak dipungkiri bahwa asam urat merupakan penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat Indonesia khususnya yang berusia 30 tahun keatas. Penyakit asam urat atau dalam bahasa medisnya disebut gout sejenis rematik. Menurut ahli penyakit dalam/ rematitologi RSCM/ Fakultas Kedokteran UI Dr Harry Isbagio rematik adalah penyakit yang menyerang sendi (pertemuan tulang) dan jaringan disekitarnya. Asam urat sendiri terjadi karena ada pengkristalan asam urat yang masuk ke dalam rongga sendi.

Penyakit Asam Urat
Penyebabnya beragam, salah satunya adalah daun singkong. Daun singkong menjadi pantangan bagi penderita asam urat karena mengandung zat purin (protein) meski mungkin kandungannya tak sebesar jeroan. Namun, selama kita mengkonsumsinya dalam batas wajar tidak akan memicu resiko asam urat.
–Intan-

No comments:

Post a Comment