Tuesday, May 28, 2013

Khasiat Di balik Pahitnya Daun Singkong

Khasiat Di balik Pahitnya Daun Singkong





Siapa yang tidak mengenal daun singkong?. Dari daun hingga umbinya yang dapat dimanfaatkan, membuat tanaman satu ini menjadi salah satu jenis tanaman yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat.

Seperti yang kita ketahui, daun singkong memiliki rasa pahit yang khas. Tetapi dibalik rasa pahitnya,ternyata daun singkong memiliki berbagai jenis kandungan gizi yang tidak kalah dengan sayuran lain. Karena kandungan nilai nutrisinya yang cukup lengkap, tidak bisa dipungkiri bahwa manfaat daun singkong sangat besar bagi kesehatan kita. Selain kandungan vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh, sayuran ini juga memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, sehingga cocok sekali jika dijadikan salah satu menu bagi seseorang yang sedang menjalani program diet menurunkan berat badan.

Banyak makanan yang bisa diciptakan dari bahan dasar daun singkong, mulai dari sayuran hingga makanan ringan. Seperti rumah makan padang yang selalu menyediakan masakan daun singkong sebagai pelengkap disetiap sajiannya. Dibeberapa daerah daun singkong bisa diolah menjadi masakan berkuah,tumis,bahkan dibuat sebagai camilan.

Jangan takut dengan isu yang beredar bahwa mengkonsumsi daun singkong yang berlebihan dapat meningkatkan resiko penyakit asam urat. Menurut ibu Ani yang menggunakan daun singkong sebagai bahan utama pembuatan dendeng di UKM Anita,dengan cara mengurangi kandungan air dari daun singkong dapat mengurangi zat yang dapat memicu penyakit tersebut. Tidak hanya dendeng daun singkong yang unik,ada juga pepes daun singkong,dan keripik daun singkong. Selama tidak mengkonsumsi secara berlebihan, daun singkong tidak akan menyebabkan efek samping pada tubuh.   -Widya Hardiyanti-

14 comments:

  1. ternyata daun singkong yang banyak dipandang sederhana oleh banyak orang ini, banyak mengandung manfaat yang besar...

    dan dendeng daun singkong adalah hasil karya chef yang baik nih pastinya :)

    postingan bagus I Like It !

    ReplyDelete
  2. Suatu gebrakan baru pastinya bagi para pecinta kuliner dari menu berbahan dasar tumbuhan singkong seperti sebelumnya menu singkong keju yang berhasil menembus pasaran dan banyak di minati oleh kalangan menengah kebawah dan kini hadir kembali dengan menu berbahan dasar daun singkong yang disajikan menjadi menu dendeng daun singkong dan menu ini pastinya akan di sambut baik oleh seorang vegetarian: )

    ReplyDelete
  3. wachinfo baru nich soalnya selama ini suami anti daun singkong apalagi kl lg beli nasi padang....bikin resolusi daun ubi di aneh2in donk br menarik n ga tampak murahan...

    ReplyDelete
  4. jd semangat makan daun singkong,hajar bleh

    ReplyDelete
  5. bisa buat diet ? sip tiap hari makan daun singkong biar badan kurus,thanks infonya niih

    ReplyDelete
  6. Wah ternyata isu itu salah....

    Kirain beneran.. Thanks for info *lanjutin makan daun singkong* :D

    ReplyDelete
  7. wahh..bisa buat diet? kebetulan gw ada masalah dengan berat badan..ini bisa jd cemilan yang menyehatkan..
    thanks info nya ya... :)

    ReplyDelete
  8. Waaaahh,,selain di buat jd sayur daun singkong trnyta bisa jga di buat jd kripik daun singkong..hmmmmm..jd mau coba deh kripik daun singkong nya :D

    ReplyDelete
  9. Dewi Nur JuliawatiMay 30, 2013 at 11:12 AM

    Kirain daun singkong cuma bisa disayur atau dilalap aja,ternyata bisa dioleh secara kreatif jadi dendeng,pepes,dan keripik juga ya.. Kreatif bgt deh..

    ReplyDelete
  10. kan daun singkong ngga phit coyyyy, gimana sehhhhh

    ReplyDelete
  11. Wah keren nih, gak nyangka daun singkong bisa berkhasiat kaya gitu,,,,, good good,,,

    ReplyDelete
  12. saya suka daun singkong .. terutama klo dibikin lalapan ..... eemm enaakk ..

    ReplyDelete
  13. Daun singkong ternyata mengandung manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan..
    ditambah lagi daun singkong ternyata jjuga dapat diolah menjadi berbagai panganan yang unik salah satunya dendeng daun singkong.. :)

    ReplyDelete