Thursday, May 30, 2013

Kuliner Kreatif dendeng

Dendeng Daun Singkong “Segitiga” ANITA 



Banyaknya pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di bidang kuliner, justru menjadi semangat para pelaku UKM untuk semakin kreatif dan inovatif menciptakan produk unik.

Dendeng Daun Singkong Dalam Kemasan

Sriani (55), warga Jatirahayu, Bekasi ini berhasil menciptakan kuliner kreatif dendeng. Pada umumnya dendeng berbahan dasar daging, namun ditangannya tercipta dendeng berbahan dasar daun singkong. Dendeng ini mulai diproduksi Sriani bersama sang suami, Thamrin awal tahun 2006 setelah sukses dengan produk minuman herbalnya. Daun singkong dipilih sebagai bahan dasar karena mudah didapat, murah dan banyak manfaatnya. Untuk mengungguli pasar, pemilik UKM Anita ini melakukan inovasi pada bentuk dendeng dan kemasan. Bentuk dendeng daun singkong miliknya sengaja di cetak berbentuk segitiga agar terlihat lebih rapi dan menarik. Sedangkan untuk desain kemasan dan logo dibantu oleh anaknya yang merupakan lulusan Design Grafis sehingga terlihat lebih cantik dan menarik.

Menurut Sriani, proses pembuatan dendeng daun singkong ini tidaklah rumit hanya saja membutuhkan waktu lama dalam pengeringannya karena dipengaruhi oleh cuaca. Apabila tidak ada matahari pengeringan dilakukan dengan oven. Menurut pemilik UKM Anita, dendeng daun singkong ini dapat bertahan 2-3 bulan apabila disimpan dalam kemasan kedap udara.

Rasanya yang gurih dan lezat membuat dendeng daun singkong ini diminati oleh siapapun mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Baik dinikmati sebagai lauk ataupun cemilan dan sangat cocok untuk yang sedang menjalani program diet. –Intan-

4 comments:

  1. Dewi Nur JuliawatiMay 30, 2013 at 11:07 AM

    Kreatif dan inovatif banget, sampai bentuk dendeng daun singkong dan desain kemasannya pun dibuat sedemikian rupa agar menarik. Dua jempol deh untuk yg punya usaha ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk memajukan bisnis harus terus berinovasi biar tidak kalah dengan produk lainnya...mohon doa agar usaha ini terus sukses dan bisa terus berinovasi untuk soal rasa khususnya...terima kasih

      Delete
  2. Dengan inovasi membuat dendeng berbentuk segitiga dan kemasan yang menarik produk dendeng daun singkong mempunyai peluang untuk dikembangkan menjadi produk yang disukai pasar lokal maupun internasional. Selain itu dendeng ini juga telah menjadi salah satu bentuk diversifikasi bahan pangan yang baik. Akan bertambah baik jika pemerintah mau memberikan perhatian lebih agar UKM ini bisa semakin maju ke depannya.

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah UKM ini sudah berada dalam binaan pemerintah Bekasi dan dendeng ini juga sudah pernah sampai ke luar negeri. Semua berkat ketekunan pemilik UKM.. terima kasih atas atensi saran...sangat bermanfaat untuk kemajuan UKM kami

    ReplyDelete