Monday, May 27, 2013

Sulitkah Meracik Dendeng Daun Singkong??



Apa yang Anda bayangkan saat diminta untuk membuat dendeng daun singkong? Ternyata proses pembuatan dendeng daun singkong tidaklah rumit. Siapa pun dapat melakukannya. Menurut Ibu Ani, pemilik UKM dendeng daun singkong “Anita”, proses pembuatannya tidak terlalu rumit.

Tahap awal, pastikan Anda memilih daun singkong yang masih segar. Oh ya, jangan menggunakan daun singkong karet, karena jenis itu beracun. Kemudian, siapkan bahan-bahan pelengkapnya antara lain, tepung tapioka, minyak goreng, bawang putih, garam, telur, ketumbar, dan sedikit penyedap rasa.

Menyiangi Daun Singkong


Membersihkan Daun Singkong
Merebus Daun Singkong

Mengiris Daun Singkong Rebus

Menghaluskan Bumbu

Setelah merebus daun singkong jangan lupa  untuk memeras airnya. Mengapa? Karena air itulah yang merangsang munculnya penyakit asam urat. Selanjutnya  irislah tipis, tapi jangan terlalu halus  supaya tekstur daunnya tetap terasa. Lalu campurlah hasil irisan  dengan tepung tapioka serta bahan lainnya yang sudah dihaluskan sampai menjadi adonan.

Mencampur Seluruh Bumbu Dendeng

Mencampur Bumbu Dengan Daun Singkong

 Kemudian, masukan adonan ke dalam plastik dan rebus  sekitar 15 menit. Setelah dingin adonan digiling tipis, usahakan agar ketebalannya rata. Pada proses pencetakan, Ibu Ani menggunakan cetakan segitiga buatan sang suami agar hasilnya lebih menarik dan rapi. Apabila Anda ingin berkreasi sendiri bisa gunakan cetakan bentuk lainnya.

Memasukan Adonan Ke dalam Plastik 
Adonan Siap Rebus
Merebus Adonan

Menggiling Adonan Untuk di Cetak

Mencetak Adonan
Lalu jemurlah hasil cetakan, nah tahap inilah yang sebenarnya membuat dendeng daun singkong ini terlihat sulit karena proses pengeringan membutuhkan cahaya matahari. Namun, jangan khawatir untuk Anda yang tidak sabar ingin menikmatinya bisa dikeringkan dengan oven kok. 

Adonan di Jemur
Adonan Kering Digoreng
Dendeng Kemasan Siap Jual
Setelah kering, adonan digoreng dan ditiriskan sampai minyaknya benar-benar hilang dan siap untuk dikemas dengan plastik berlabel “Dendeng Daun Singkong Anita” atau bisa Anda masukkan ke wadah tertutup untuk dinikmati bersama keluarga.  “ Dendeng ini bisa tahan sampai 3 bulan kalau disimpan dalam wadah tertutup,” ujar Sriani. Jadi, apakah Anda masih berpikir membuat dendeng itu susah?? -Intan-




5 comments:

  1. Ternyata membuat dendeng singkong itu gampang2 sulit ya?? Saya kira asal ada bahan&alat2 yg memadai pasti bisa kita buat..

    ReplyDelete
  2. Iya Mba Brigitta, sebenarnya sih mudah apalagi kalo biasa masak karena step-stepnya sama kaya membuat dendeng pada umumnya, hanya pas pengeringannya aja yang lama...

    terima kasih atas komentarnya, kalo berminat memesan bisa hubungi di kontak kami ya mba.

    ReplyDelete
  3. mungkin bisa disertakan gambar proses pembuatannya. terimakasih/fs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih untuk sarannya,,saran Anda sangat bermanfaat...kami sudah memperbarui berita ini dengan menambahkan gambar..semoga bermanfaat..

      terima kasih

      Delete
  4. Waaaah bisa nih dicoba dirumah...ternyata mudah ya membuatnya...

    ReplyDelete